MEDIA ONLINE IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH BIMA

Rabu, 22 Mei 2013

Bidang Media & Komunikasi IMM Komisariat STAIM Bima

Cara Mudah Menggunakan microsoft office word

Kota Bima, 22 Mei 2013 (LP2MP)

Microsoft Office Word atau sering disingkat MsWord, merupakan salah satu software komputeryang paling umum digunakan oleh berbagai kalangan dalam membuatdan mengolah dokumen mulai tingkat pelajar, mahasiswa, administrasi perkantoran, dan masih banyak lagi.Banyak pengguna yang mempelajari software ini tidak dengan belajar secara khusus (kursus misalnya).Karena memang software ini tergolong cukup mudah untuk dipelajari secara autodidak,atau lewat “kursus” singkat dari teman atau rekan kerja.Namun, masih banyak pengguna (user) yang belum mengetahui, dalam software yang satu ini terdapat teknik-teknik editing yang dapat mengefisiensikan pekerjaan mengetik.Teknik atau trik ini tidak muncul sebagai satu tombol ikon pada deretan toolbar di atas layar, atau walaupun terdapat dalam daftar menunya, namun langkahnya,kurang efisien karena terkadang harus mengklik mouse beberapa kali.Trik-trik ini ada yang cukup melalui penggunaan mouse, atau melalui kombinasi tombol pada keyboard atau melalui kombinasi tombol keyboard dan mouse.Berikut ini adalah beberapa trik yang mungkin dapat membantu dan mempersingkat dalam bekerja dengan Microsoft Office Word.
• Memblok secara cepat
Apabila kita banyak menggunakan mouse dalam bekerja di dalam Microsoft Office Word, ada cara untuk memblokan kata atau kalimat secara cepat. Untuk memblok sebuah kata, kita hanya cukup mengklik mouse dua kali pada kata yang dimaksud, Adapun untuk memblok kalimat, kita tinggal mengklik pada kalimat tersebut sambil menekan-tombol Ctrl Bisa juga memblok perbaris dengan cara menempatkan penunjuk mouse di sebelah kiri dokumen sampai arahnya berbalik kearah kanan lalu klik pada baris yang akan diblok.
• Memblok sekotak bagian dokumen
Kita bisa memblok dokumen dengan ukuran kotak(tidak menurut kalimat atau paragraf), caranya yaitu pemblokan dilakukan dengan mouse sambil menekan tombol Alt, lalu mouse diklik pada bagian dokumen yang akan diblok secara kotak kemudian sambil tetap menekan tombol mouse, ditarik secara diagonal sampai sejauh bagian dokumen yang akan diblok. Selanjutnya bagian yang diblok dapat diformat sebagaimana yang kita kehendaki (di-delete, di-bold, dimiringkan, dsb)
• Trik cepat kembali ke lokasi terakhir mengedit
Terkadang kita telah berada pada suatu akhir dari dokumen yang cukup panjang, kemudian ingin kembali kepada kata atau kalimat yang terakhir kita edit padahal Iokasinya berada di tengah atau di awal.Atau sebaliknya kita telah kembali ke awal dokumen dan ingin kembali ke lokasi editing terakhir yang lokasinya di akhir dokumen.Maka cara cepat untuk kembali ke lokasi tersebut, yaitu dengan menekan secara bersamaan tombol Shift dan F5.
• Perpindahan kursor
Untuk memindahkan kursor ke akhir baris, cukup kita menekan tombol End,sebaliknya untuk memindahkan ke awal baris, tekan tombol Home, Memindahkan kursor ke awal paragraf tekan tombol Ctrl dilanjutkan tombol tanda panah keatas. Untuk ke awal paragraph berikutnya, menekan secara kombinasi tombol Ctrl dan tombol panah ke bawah, Untuk ke akhir dokumen, kita menekan tombol Ctrl bersamaan dengan tombol End, dan sebaliknya, untuk pergi keawal dokumen, kita menekan tombol Ctrl dengan tombol Home.
• Mengubah ukuran huruf dengan tombol keyboard
Apabila kita hendak mengubah ukuran huruf (memperkecil atau memperbesar satu tingkat) dari suatu kata atau kalimat,dapat juga dilakukan melalui keyboard. Yaitu, setelah kata atau kalimat yang hurufnya akan kita ubah diblok, tekanlah tombol Ctrl dan (tanpa melepaskannya) dilanjutkan dengan menekan.tornbol“[“untuk memperkecil, atau “]”untuk memperbesar, Apabila pengecilan atau perbesaran kurang, penekanan dapat dilakukan berulang-ulang sampai ukuran huruf sesuai dengan yang kita inginkan.
• Mengubah tampilan huruf jadi berbayang, Qutline atau emboss
Kita bisa mengubah tipe huruf pada suatu kata atau kalimat menjadi bentuk-bentuk dengan efek berbayang, outline atau emboss,apapun jenis hurufnya.Bentuk-bentuk huruf ini biasanya digunakan untuk membuat poster, atau tulisan-tulisan artistik lainnya.Caranya sangat mudah, yaitu :
1. Blok huruf, atau kata, atau kalimat yang akan kita beri efek.
2. Klik format (dalam menu bar untuk office versi sebelum 2007)
3. Pilih font, lalu beri centang pada shadow atau outline atau emboss(terdapat juga Engrave, yang tampilannya menjadi seperti Emboss).
4. Lalu Ok
Jadi tidak perlu mencari huruf-huruf yang khusus telah dibuat menjadi berbayang, outline ataupun emboss.
• Trik cepat menampilkan tanggal hari itu
Dalam Microsoft Office Word, kita juga bisa menyisipkan tanggal pada hari ketika kita mengetik hanya dengan menekan tiga tombol secara bersamaan, yaitu Alt + Shift+D, maka akan tampil tanggal pada hari itu dengan format MM/DD /YYYY (bulan/hari/tahun) pada posisi kursor berada.
• Menutup atau menyimpan semua dokumen yang sedang dibuka
Terkadang dalam satu kali kerja, kita membuka lebih dari satu dokumen, Ketika semuanya telah selesai, kita dapat menyimpannya atau menutup semuanya dalam satu kali perintah.Caranya yaitu dengan sambil menekan tombol,Shift lalu klik File pada menu, maka akan terlihat opsi CloseAll, dan SaveAll,dimana bila tanpa menekan Shift, opsi ini tidak muncul, Maka pilihlah SaveAll terlebih dulu, kemudian diulang dan memilih CloseAll.
• Menampilkan dialog “go to”
Selain dengan cara menekan kombinasi tombol Ctrl + G, Go to juga dapat dimes dengan mengklik dua kali item ‘Page’ pada baris status (status bar yang menampilkan halaman, section,lembar ke, dll.di bagian paling bawah jendela Ms OfficeWord. Kedua cara ini relatif lebih cepat dibandingkan dengan cara mengklik Edit pada menu Bar, kemudian baru memilih Go to ….
• Membuat gambar lingkaran bulat sempurna
Terkadang kita perlu membuat gambar di dalam dokumen yang kita buat.Misalkan kita perlu membuat gambar lingkaran, Dengan memilih tombol box oval pada toolbar Drawing, maka kita tinggal menarik lingkaran pada lembar kerja kita. Namun, dengan hanya meng-klik mouse, lalu menariknya, maka terkadang bentuk lingkaran yang kita buat,tidak bulat sempurna (masih berbentuk oval). Oleh karena itu, agar bentuk lingkaran yang kita buat bulat sempuma,ketika menarik mouse untuk membuat lingkaran, sambil tekanlah tombol ‘Shift’, maka akan terlihat bentuk lingkaran yang kita buat memiliki bentuk lingkaran sempurna (jari-jari lingkaran di setiap segmennya sama).
• Perpindahan kursor secara cepat
Untuk berpindah dari satu kata ke kata lain,baik kesebelah kiri atau kesebelah kanan, kita bisa menggunakan kombinasi tombol Ctrl-Left (panah ke kiri)atau Ctrl-Right (panah.ke kanan). Sementara untuk perpindahan dari paragraf satu ke paragraph yang lain, kombinasi tombol yang digunakan adalah Ctrl+PgUp (untuk ke paragraph sebelumnya) dan Ctrl+PgDown (untuk ke paragraf berikutnya).
• Menjorokkan/memundurkan paragraf
Dalam menyunting tulisan, terkadang kita ingin memajukan (menjorokan) seluruh sisi kiri dari satu atau beberapa paragraph kebagian agak tengah.Maka tempatkanlah kursor pada paragraph yang akan kita pajukan (atau memblok beberapa paragraf bila paragraf yang ingin dipajukan lebih dari satu), lalu tekanlah komblnasi tombol CtrI+M untuk memajukan kebagian tengah, dan Ctrl+Shift+M untuk mengembalikannya ke posisi awal (memundurkannya) .Apabila kita hanya ingin memajukan paragraph pada bagian baris kedua dan selanjutnya (baris di bawah barisan per-tama seterusnya), maka kombinasi tombol yang digunakan adalah Ctrl+T untuk memajukan, dan Ctrl+Shift+T untuk memundurkannya. Maju mundurnya paragraf adalah sejauh tabulasi terdekat
• Mengubah spasi antar baris
Untuk mengubah jarak spasi antar baris, kombinasi tombol yang digunakan adalah untuk spasi1 = Ctrl+1;spasi 1,5= Ctrl+5;dan spasi 2 (double) =Ctrl+z.Tempatkan kursor pada paragraf yang akan diubah spasinya, atau blok beberapa paragraf (bila lebih dari 1paragraf yang akan diubah), lalu tekan kombinasi tombol tersebut sesuai jarak spasi yang diinginkan.Selamatmencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar