MEDIA ONLINE IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH BIMA

Jumat, 20 Maret 2015

STAIM Kedatangan TIM BAN PT. agenda Visitasi Institut


Rangkaian acara visitasi AIPT di STAI Muhammadiyah Bima pada hari Selasa, 17 Februari tersebut  diawali dengan kunjungan ke Unit Kegiatan Kemahasiswaan (UKM) dan Ruangan Unit Pelaksana Teknis serta gedung perkantoran yang dilanjutkan dengan pembukaan acara visitasi di Aula lantai 3 STAIM. Acara ini dihadiri segenap civitas akademik STAIM, keluarga besar Muhammadiyah dan Ortomnya, stakeholder dari Pemkot Bima yang diwakili Asisten III, Kementerian Agama Kota dan Kabupaten Bima dan Perwakilan BRI Cab. Bima. Setelah acara pembukaan, kegiatan utama proses visitasi dokumen AIPT dilakukan di ruangan pertemuan dosen lantai II bersama pimpinan STAIM, tim kerja AIPT hingga jam 20.00 Wita. Selanjutnya pada hari Rabu, 18 Februari 2015 dilanjungkan kembali asesmen lapangan dokumen borang AIPT oleh asesor hingga tuntas pada pada sore harinya.

Sebelumnya, pada pembukaan acara visitasi, Taman Firdaus M.Pd selaku Ketua Tim Kerja AIPT menyampaikan bahwa kerja AIPT merupakan bagian dari upaya dan proses peningkatan mutu kelembagaan STAIM. Karenanya beliau menyampaikan penghargaan dan terimakasihnya terhadap kerja tim AIPT telah bekerja maksimal dan berharap adanya masukan dan saran dari asesor dapat menjadi rujukan dalam perbaikan mutu kelembagaan. Dalam kesempatan yang sama, Ketua STAI Muhammadiyah Bima, Ahmadin M.Pd menyampaikan bahwa STAIM Bima saat ini dalam proses pengembangan dari Sekolah tinggi menjadi institut Agama Islam Muhammadiyah dengan  membuka  baru yaitu Prodi S1 Ekonomi Syariah dan S1 PTKA/RA di samping S1 Pendidikan Agama Islam (PAI) dan S1 Pendidikan Bahasa Arab (PBA) yang telah terakreditasi  serta dalam empat prodi baru yang sedang dalam proses pengajuan yaitu S1 Akhwalus Syahsiah (AS), S1 Bimbingan dan Konseling Islam (BKI),  S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) dan S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Mewakili tim Asesor BAN PT. Dr.Ir Suhanan pada acara pembukaan menyatakan bahwa perguruan tinggi yang telah akreditasi menunjukkan PT tersebut telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT, proses akreditasi ini juga menuntut perguruan tinggi untuk  terus menerus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi  sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan perguruan tinggi yang  tidak memenuhi standar.

Dari dua hari kegiatan visitasi AIPT STAIM, ada beberapa rekomendasi penting yang disampaikan asesor terkait dengan pengelolaan kelembagaan di STAI Muhamamdiyah berupa pentingnya sistem data base yang terpusat sehingga mempermudah akses bagi pengguna, pengembangan sistem penjaminan mutu, optimalisasi sistem pelayanan perpustaakaan berbasis IT dan peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian dosen yang semuanya akan bermuara pada peningkatan mutu pendidikan di STAIM Bima.(alif)


Sumber: http://www.staimbima.ac.id/index.php/berita/51-ban-pt-mengadakan-visitasi-institusi-di-staim-bima

Tidak ada komentar:

Posting Komentar