MEDIA ONLINE IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH BIMA

Jumat, 03 April 2015

AKREDITASI JURUSAN TK/RA STAIM BIMA


Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA) Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Bima baru-baru ini telah menerima kunjungan Dr. H. Muhammad Saerozi (Dosen IAIN Salatiga) dan Dr. Yosef, MA (Dosen Universitas Sriwijaya Palembang) sebagai asesor yang ditugaskanoleh BAN PT dalam rangka melakukan visitasi akreditasi Program Studi S1 PGRA. Kegiatan ini dilakukan BAN PT guna melihat secara langsung sistem dan dokumen penyelenggaraan program studi PGRA sebagaimana yang tertera pada borang yang diajukan prodi ke BAN PT.


Kegiatan visitasi berlangsung dari tanggal 11 s/d 13 Maret 2015. Dimulai dengan acara pembukaan yang dihadiri segenap civitas akademik STAI Muhammadiyah Bima,  keluarga besar Muhammadiyah Bima, instansi pemerintah dari Kementerian Agama Kota dan kabupaten Bima, Dinas Pendidikan Kota Bima, tokoh pendidikan dan kepala TK/RA yang ada di kota Bima. Kegiatan penutupan visitasi berakhir pada hari Jumat 13 Maret 2015 di Ruang Rapat Utama Lantai II STAI Muhammadiyah Bima

Menurut Ketua Prodi PGRA STAIM Bima, Sri Jamilah MA, visitasi ini merupakan bentuk tanggungjawab STAI Muhammadiyah terhadap penyelenggaraan prodi PGRA sebagai prodi yang baru terbentuk pada tahun 2014. Menurutnya, meskipun belum setahun berjalan, S1 PGRA STAI Muhammadiyah Bima telah banyak menarik minat calon guru Taman Kanak-Kanak/Raudhatul Athfal (TK/RA) untuk menimba ilmu di STAIM Bima. Hal ini terlihat dari jumlah peminat PGRA mencapai 64 orang. Untuk itu, dalam rangka menjaga legalitas prodi setelah mendapatkan izin dari kementerian Agama RI pada tahun 2014, tim kerja pengembangan STAI Muhammadiyah Bima yang dipimpin Taman Firdaus, M.Pd telah bekerja seoptimal mungkin untuk menyiapkan borang PGRA.

Sementara itu Dr. H. Muhammad Saerozi yang juga merupakan salah satu dosen IAIN Salatiga dalam acara pembukaan mengatakan bahwa visitasi ini merupakan upaya BAN PT untuk meneropong secara langsung proses penyelenggaraaan prodi demi terjaganya mutu pendidikan tinggi. Harapan beliau visitasi ini pada akhirnya akan berujung pada terselenggaranya pendidikan tinggi yang memiliki daulat ke dalam yang berkaitan dengan akuntabilitas penyelenggaraan proses pendidikan pengajaran dan penelitian serta memiliki daulat ke luar terkait dengan proses kegiatan pengabdian kemasyarakatan dan daya tawar perguruan tinggi di masyarakat.

Dalam kegiatan visitasi, Tim Asesor melakukan konfirmasi terhadap ketersediaan dokumen penunjang sebagaimana yang tertera pada Borang IIIA dan Borang III B. Konfirmasi terhadap Borang III A dilakukan Dr. Yosef MA terkait dengan penyelenggaraan program studi PGRA yang dilakukan di ruangan Tim PGRA  bersama Ketua Prodi, Sekretaris dan Dosen PGRA. Sementara konfirmasi terhadap Borang III oleh Dr. H. Muh Saerozi terkait dengan penyelenggaraan lembaga Sekolah Tinggi yang dilakukan di Ruang Rapat Utama bersama ketua Tim Akreditasi dan para pimpinan STAI Muhammadiyah Bima melalui dialog dan pemeriksaan dokumen kelangkapan data serta fasilitas penunjang dalam rangka penyelenggaraan pendidikan yang maksimal. (Alif)

Sumber; 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar