MEDIA ONLINE IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH BIMA

Minggu, 22 Maret 2015

STAIM antara Institut dan Kelayakan menjadi Universitas

 STAIM Perlu Belajar Banyak dari banyak Sumber


         Sebagaimana Visi  STAI Muhammadiyah Bima : Terwujudnya Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Muhammadiyah Bima sebagai pusat kajian pendidikan, penelitian dan pengkajian Islam yang berkualitas, unggul dan kompetitif serta mampu mengaplikasikan bidang ilmu pendidikan Islam di tingkat nasional pada Tahun 2020. maka perlu kira melakukan studi banding terhadap kampus-kampus ternama di indonesia, untuk itu sebagai sampel terdekat yakni Univesitas Muhammadiyah Malang, 


           UMM merupakan suatu kampus yang sangat unggul di indonesia, , sedikit bicara banyak berbuat adalah semboyan mereka. Pada saat ini, Unversitas Muhammdiyah Malang mendidik lebih dari 26.000 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa program Diploma, Strata 1 dan Strata 2. Mahasiswa tersebut menempuh studi di berbagai bidang keilmuan baik sosial, eksakta maupun keagamaan.
Mahasiswa UMM berasal dari hampir seluruh wilayah propinsi Indonesia dan bahkan dari luar negeri seperti Malaysia, Singapura, Timor Leste, Australia dan beberapa negara Timur Tengah. Khusus mahasiswa luar negeri sebagian mengambil program reguler dan sebagian lagi mengikuti program ACICIS, BIPA dan Darmasiswa. 

UMM mempunyai beberapa fakultas, yaitu: Agama Islam, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Hukum, Ekonomi dan Bisnis, Teknik, Pertanian-Peternakan, Psikologi, Ilmu Kesehatan dan Kedokteran.  Selain itu juga menyelenggarakan pendidikan pascasarjana dan doktor.  Saat ini UMM mempunyai 48 program studi yang terdistribusi di beberapa fakultas.
Program pendidikan UMM terdiri dari program diploma, sarjana strata 1, pascasarjana, program doktor dan program profesi.  Untuk proses pembelajaran, UMM sudah menerapkan e-learning dan open course ware.  Beberapa jurusan sudah menerapkan sistem ujian berbasis komputer (computer based test).  Mahasiswa dapat mengakses materi pemebalajaran dalam bentuk hard copy di perpustakaan dan secara online, yaitu di digital library, e-journal, skripsi online, dan lain-lain.
Pembinaan Mahasiswa terdiri dari: Penalaran, Minat dan Bakat, Keorganisasian, PESMABA, Student Day, P2KK, Rektor Cup, Latihan Kepemimpinan, Komunikasi Orangtua, Pembinaan Lingkungan, dll.
Selain dari pada itu Mahasiswa UMM diarahkan dan dikondisikan agar mereka mampu berfikir kritis analitis dan mempunyai sikap ilmiah yang realistis.  Pembinaan penalaran juga merupakan wahana penempaan proses belajar yang di kelak kemudian hari menumbuhkan suatu sistem sintesis ide-ide kreatif yang berguna bagi lingkungannya.

Kegiatan pembinaan penalaran terdiri atas: diskusi ilmiah, seminar, lokakarya, penelitian mahasiswa, penerbitan dan pers mahasiswa, jurnal ilmiah, penerbitan kampus, lomba karya tulis ilmiah, lomba karya ilmiah inovatif produktif, dan lain-lain.

Hal di atas merupakan suatu cermina yang baik bagi STAIM, namun dalam proses membutuhkan usaha yang sangat keras, Kita coba ambil sloganya UMM aja pada intinya yakni: "Sedikit Bicara Banyak Berbuat" Amanat KH. Ahmad dahlan Juga perlu sebagai pondasi dalam aktifitas,, Majulah untuk terus berkarya, Semoga bermanfaat,,(aLif)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar