MEDIA ONLINE IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH BIMA

Senin, 23 Maret 2015

Nasehat bagi Para Wanita

Para Wanita, Mengapa Penting Menyembunyikan Amalan Kita?

MuslimahZone.com – Zaman sekarang, susah mencari orang yang benar-benar tulus untuk beramal. Banyak diantara kaum selebritis atau pejabat yang menampakkan amalnya di media saat akan menyumbang sesuatu, ditambah menyebutkan jumlahnya sekalian. Seolah, seluruh dunia wajib mengetahui amalannya, tentu ingin mendapatkan pujian dan terkenal sebagai orang yang suka berderma.

Padahal sahabat Ummi, jika hal itu dilakukan dengan sengaja tentu akan mengurangi nilai ibadah, amalannya, bahkan mendapatkan dosa karena bersifat riya. Mari kita berkaca dengan kisah inspiratif yang berikut ini agar mengetahui apa sebenarnya yang dimaksud dengan amalan tersembunyi?


Amru bin Tsabit berkisah, pada suatu waktu ia sedang memandikan jenazah Ali bin Husain, cucu Ali bin Abi Thalib. Tiba-tiba pandangannya tertuju pada punggung Ali yang kehitam-hitaman. Diantara yang memandikan jenazah saling bertanya-tanya, ada apa dengan punggungnya. Namun ada seseorang yang menyimpulkan bahwa dulu Ali bin Husain sering memanggul berkarung-karung gandum pada malam hari untuk dibagi-bagikan kepada fakir miskin di kota Madinah. Karenanya penduduk kota Madinah berkata,”sepeninggal Ali bin Husain tak pernah lagi terdengar Shadaqah sir (sedekah yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi).

Sebenarnya Ali bisa saja menyuruh orang lain untuk memanggul karung itu dan dibagi-bagikan pada fakir miskin, namun ia tak lakukan itu. Ia lebih memilih memanggul sendiri karungnya, bukan di siang hari dimana orang-orang masih terjaga. Ia memilihnya pada malam hari yang gelap gulita, agar kebaikannya tak diketahui oleh banyak orang.

Untuk menjaga keikhlasan terkadang harus menempuh cara yang di luar kebiasaan, terkadang sedikit merepotkan. Terkesan tidak umum, namun di mata Allah justru yang lebih disukai karena lebih terjaga niat dan rasa keikhlasan. Makanya ada istilah dalam agama untuk memberi dengan tangan kanan, seolah-olah tangan kiri tak mengetahuinya. Abu Bakar pun memilih bersedekah menjelang subuh. Hal ini juga dimaksud agar kebaikannya tersembunyi.

Keikhlasan memang harus diupayakan dari awal sampai akhir, memperjuangkan memberi tanpa ujub bukan hal yang mudah. Karena perusak keikhlasan sekecil apapun memang harus diusir jauh-jauh. Ada sebuah riwayat, yang merupakan contoh buat seseorang untuk sembunyikan jasa walau di tengah keramaian.
Abdullah bin Mubarak, yang mampu membuktikan itu, saat ada peperangan antara muslim dan kafir. Saat pertempuran akan dimulai, orang kafir meminta satu lawan satu terlebih dahulu. Pihak muslim menyetujui. Namun atas kehendak Allah satu persatu prajurit muslim kalah, dan gugur. Dengan sombongnya pasukan kafir berteriak menantang siapa lagi yang berani maju, satu lawan satu.

Tiba-tiba Abdullah bin Mubarak merangsak maju dan dibabatnya orang kafir yang sombong tadi sekaligus beberapa orang lagi, sebagai balasan telah membunuh pasukan muslim tadi. Setelah itu Abdullah berlalu tanpa berucap sedikitpun, atau merayakan kesuksesannya menumpas kesombongan pasukan kafir. Ia khawatir ucapannya malah membuat ujub atau sombong dan merusak rasa ikhlasnya dalam berjihad.

Ikhlas itu sesuatu yang tak diucap, apalagi diberitahukan kepada orang lain. Karena bisa jadi itu indikasi bentuk ketidakikhlasan. Dari keikhlasan itu sendiri butuh ikhlas. Sesuatu yang berlapis, dan memang agak sulit untuk diurai. Salah satu bentuk ketidakikhlasan apabila kita memberikan sesuatu yang bersifat duniawi hanya ingin dipuji saja, mendapat jabatan atau dengan tujuan untuk mendapatkan sesuatu keuntungan yang lebih.

Abu Musa Asy’ari pernah meceritakan, seorang lelaki datang kepada Rasul dan bertanya,”Bertempur karena harta rampasan, bertempur karena ingin terkenal, dan yang lain bertempur supaya dilihat posisinya, siapa yang diantara mereka berada dijalan Allah? Siapa yang berperang untuk menegakkan kalimat La illaha illallah maka ia ada di jalan Allah, jawab Rasul”.

Dan Qatadah pun berkata, siapa orang yang beramal niatnya adalah dunia, maka Allah akan membalas di dunia karena kebaikannya, namun di akhirat tak ada ganjarannya, namun bila ia beramal karena Allah, maka ganjarannya kebaikan dunia dan Akhirat”.

Untuk itu, kita tetap harus belajar, ikhlas untuk ikhlas. Berderma bukan untuk dipuji atau mendapat suatu keuntungan, atau disebut sebagai dermawan. Luruskan niat, bersihkan hati dan diri, agar surga nan indah menanti.

Penulis: Candra Nila Murti Dewojati
17.633 views

Adian Husaini: Pancasila Bukan Pandangan Hidup Umat Islam

Jakarta (voa-islam) -  Dalam pandangan Adian Husaini, isu negara Islam itu sebenarnya tidak penting. Yang terpenting  adalah apakah umat Islam  sekarang ini bisa  menjadikan negeri muslim ini sebagai negeri yang baldatun thoyyibatun warrabbun ghafur, negeri yang dibawah naungan ridho Ilahi.
“Saya tidak bicara label negara Islam. Yang jelas, dengan Pancasila sebagai dasar negara, telah memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada umat Islam untuk menjalankan agamanya dan membangun negeri ini, negeri muslim yang besar,” kata Adian saat dijumpai disela-sela acara diskusi di Jakarta.
Ketika ditanya, apakah Pancasila sudah final? “Saya tidak suka dengan kata-kata final atau tidak final. Sebab, saya khawatir Pancasila akan disamakan dengan wahyu. Yang diperlukan sekarang ini bukanlah penguatan Pancasila, tapi mendudukkan Pancasila secara tepat dan proporsional serta menfasirkannya secara benar pula, seperti yang dimaui oleh para perumus Pancasila itu sendiri. Namun ironisnya, Pancasila telah diselewengkan sejak masa Orde Lama, Orde Baru, hingga Reformasi,” jelas Adian.
Yang harus dirumuskan dari Pancasila, kata Adian, adalah mendudukan Pancasila sebagai dasar negara, tapi jangan menarik  Pancasila ke hal-hal yang berlebihan, seperti  Pancasila sebagai pandangan hidup. Bukankah dalam setiap agama, punya  konsepnya masing-masing tentang pandangan hidup. Karena itu, jangan mencari konsep tuhan, alam dan moral menurut Pancasila. Dalam Islam sendiri, punya konsep  Ketuhanan, begitu juga dengan Kristen.
“Ya sudah biarlah Pancasila diletakkan sebagai dasar negara, dimana komponen bangsa memahami Pancasila menurut pemahamannya masing-masing. Lalu pada level kenegaraan, mereka berjuang secara konstitusional,” jelas Adian.
Kenapa Anda mengatakan Pancasila  tidak bertentangan dengan Islam? Dijawab Adian, karena memang, Pancasila dari awal disepakati oleh para tokoh nasionalis maupun tokoh Islam. Tokoh Islam Muhammad Natsir tahun 1954 mengatakan,  Pancasila tidak bertentangan dengan Islam.
“Yang diprotes kemudian oleh tokoh Islam pada masa Orla dan Orba adalah penafsiran yang menyuimpang dari Pancasila, misalnya Pancasila ditafsirkan secara Nasakom, dimana Pancasila justru mengakomodir komunisme. Hal itulah yang tidak bisa diterima oleh tokoh Islam. Jadi, bukan Pancasilanya, yang tidak bisa diterima, tapi ketika Pancasilan dijadikan sebagai worldview atau rumusan kehidupan. Tidak bisa, konsep ketuhanan dirumuskan oleh Pancasila. Dan sudah pasti, akan bertabrakan dengan konsep agama, terutama Islam,” papar Adian.
Harusnya Pancasila, lanjut Adian, tidak masuk ke wilayah worlview itu. Sebab, worldview itu wilayahnya agama. Karena itu, jangan jadikan Pancasila sebagai landasan moral atau perilaku. Dikhwatirkan menjadi bias dan menimbulkan kebingungan.  Orang yang berilaku menurut Pancasila akan bertabrakan dengan Islam. Mengingat Islam sendiri sudah punya konsep perilaku.
Pancasila Toghut?
Kelompok Islam tertentu memahami Pancasila sebagai toghut. Bagaimana dalam pandangan Adian? "Saya bisa memahaminya, karena itu merupakan pemahaman yang panjang terhadap penyalahgunaan  Pancasila itu sendiri. Saya sendiri menggunakan perspekstif Kasman Dimedjo, yang mengatakan Pancasila tidak bertentangan dengan Islam. Pancasila memberikan kesempatan kepada umat Uslam untuk berjuang menjalankan agamanya.”
Dengan Pancasila, lanjut Adian, umat Islam tidak dilarang untruk membaca Al Qur’an, menjalankan shalat, zakat dan sebagainya, bahkan sampai menerapkan syariat Islam, seperti di Aceh. Di Aceh, orang yang menjalan syariat Islam apakah akan dianggap melanggar pancasila? Tentu tidak.
Menurut Adian, Piagam Jakarta adalah dokumen resmi, yang ditegaskan dalam  dekrit Presiden 5 Juli 1959 oleh Bung Karno. Adapun dekrit itu merupakan satu  kesatuan dengan Konstitusi UUD 1945. Setelah dekrit tersebut berlaku, banyak produk per-Undang-undangan di Indonesia yang konsdirennya  mengacu pada Piagam Jakarta.  Misalnya,  berdirinya IAIN (Penpres no 11 tahun 1960).
“Piagam Jakarta tidak pernah dipersoalkan. Tapi begitu masuk Orde Baru, banyak pihak yang alergi, mereka takut jika umat Islam menjalankan syariah. Padahal, jika umat Islam menjalankan syariah, sesungguhnya dijamin oleh konstitusi. Walaupun tidak secara eksplisit tujuh kata dicantumkan lagi, tapi yang jelas dekrit itu mengakomodir Piagam Jakarta,” tukas Adian.
Dengan demikian, secara operasional, Pancasila akan dijadikan acuan membentuk perundang-undangan, baik di bidang ekonomi, politik, maupun keagamaan. Sebagai contoh,  melarang Ahmadiyah, tentu tidak melanggar ataupun bertentangan dengan Pancasila. Hal inilah yang terus diperjuangkan kelompok liberal untuk mencabut pasal penodaan agama (PNPS tahun 1965) karena dianggap bertentangan dengan Pancasila.
Dikarenakan Pancasila yang  sekarang mengacu pada rumusan Dekrit Presiden 5 juli 1959, maka berarti tidak boleh ada peratuaran perudangan-undangan di Indonesia yang bertentangan dengan syariah. “Kita bukan kembali pada rumusan Pancasila 18 Agustus ataupun 1 Juni, tapi 5 Juli 1959. Jadi tanggal 1 Juni itu bukan kelahiran Pancasila, tapi hari pidato Bung Karno di BPUPK. Kelahiran Pancasila adalah pada tanggal 18 Agustus 1945, dan diterima resmi secara nasional oleh komponen bangsa.
Tokoh Reformasi Acak-acak Pancasila
Sementara itu dikatakan Pengamat politik dan budayawan Betawi Ridwan Saidi menegaskan, ketika ditanya perlukan umat Islam mendirikan negara Islam? Kata Babe- begitu ia akrab disapa, kita harus kembali pada UUD 45 dulu, agar negara ini kembali normal keadaannya.
“Jangan ada ide-ide yang lain dulu.  Karena dengan perubahan yang dilakukakan oleh reformasi ini menjadi tidak karuan, Jadi kita nggak perlu bicara negara Islam itu dulu, Kita bicara UUD 45 yang asli,” kata Ridwan.
Menurut Ridwan, Yang menjadi masalah UUD 45 ini diacak-acak oleh reformasi, Pancasila itu sendiri disingkirkan oleh tokoh reformasi. Mereka itu tiada lain SBY, Amin Rais, Abdurrahman Wahid. Mereka inilah yang menyingkirkan Pancasila. Tapi kemudian ingin mengaktfkan lagi.
“Sudahlah jangan buang-buang waktu. Jangan kita hina-hina Pancasila. Sebab, Pancasila itu juga  karya ortu kita dulu. Jangan Islam diadu-adu. Islam itu sudah luhur. Yang jadi soal, Pancasila itu disepak. Mereka buat per-undang-undangan yang liberal,”tandasnya
Dikatakan Ridwan Saidi, Dekrit Presiden 5 Juli 1959 bersandarkan pada Piagam Jakarta, yang kemudian melahirkan UUD 45. Tapi lagi-lagi, UUD 45 diacak-acak oleh komplotan Amin Rais dan Abdurrahman Wahid, yakni UUD 45 yang diamandemen. Akibatnya, hancurlah negara ini. Sekarang, ada upaya untuk mengaktifkan lagi Pancasila. Yang jelas, umat Islam punya garis yg tegas, setia pada negara ini, karena sejak awal umat Islam ikut mendirikan negara ini. Desastian
- See more at: http://www.voa-islam.com/read/indonesiana/2011/06/07/15157/adian-husaini-pancasila-bukan-pandangan-hidup-umat-islam/#sthash.sugEJBzT.dpuf
17.633 views

Adian Husaini: Pancasila Bukan Pandangan Hidup Umat Islam

Jakarta (voa-islam) -  Dalam pandangan Adian Husaini, isu negara Islam itu sebenarnya tidak penting. Yang terpenting  adalah apakah umat Islam  sekarang ini bisa  menjadikan negeri muslim ini sebagai negeri yang baldatun thoyyibatun warrabbun ghafur, negeri yang dibawah naungan ridho Ilahi.
“Saya tidak bicara label negara Islam. Yang jelas, dengan Pancasila sebagai dasar negara, telah memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada umat Islam untuk menjalankan agamanya dan membangun negeri ini, negeri muslim yang besar,” kata Adian saat dijumpai disela-sela acara diskusi di Jakarta.
Ketika ditanya, apakah Pancasila sudah final? “Saya tidak suka dengan kata-kata final atau tidak final. Sebab, saya khawatir Pancasila akan disamakan dengan wahyu. Yang diperlukan sekarang ini bukanlah penguatan Pancasila, tapi mendudukkan Pancasila secara tepat dan proporsional serta menfasirkannya secara benar pula, seperti yang dimaui oleh para perumus Pancasila itu sendiri. Namun ironisnya, Pancasila telah diselewengkan sejak masa Orde Lama, Orde Baru, hingga Reformasi,” jelas Adian.
Yang harus dirumuskan dari Pancasila, kata Adian, adalah mendudukan Pancasila sebagai dasar negara, tapi jangan menarik  Pancasila ke hal-hal yang berlebihan, seperti  Pancasila sebagai pandangan hidup. Bukankah dalam setiap agama, punya  konsepnya masing-masing tentang pandangan hidup. Karena itu, jangan mencari konsep tuhan, alam dan moral menurut Pancasila. Dalam Islam sendiri, punya konsep  Ketuhanan, begitu juga dengan Kristen.
“Ya sudah biarlah Pancasila diletakkan sebagai dasar negara, dimana komponen bangsa memahami Pancasila menurut pemahamannya masing-masing. Lalu pada level kenegaraan, mereka berjuang secara konstitusional,” jelas Adian.
Kenapa Anda mengatakan Pancasila  tidak bertentangan dengan Islam? Dijawab Adian, karena memang, Pancasila dari awal disepakati oleh para tokoh nasionalis maupun tokoh Islam. Tokoh Islam Muhammad Natsir tahun 1954 mengatakan,  Pancasila tidak bertentangan dengan Islam.
“Yang diprotes kemudian oleh tokoh Islam pada masa Orla dan Orba adalah penafsiran yang menyuimpang dari Pancasila, misalnya Pancasila ditafsirkan secara Nasakom, dimana Pancasila justru mengakomodir komunisme. Hal itulah yang tidak bisa diterima oleh tokoh Islam. Jadi, bukan Pancasilanya, yang tidak bisa diterima, tapi ketika Pancasilan dijadikan sebagai worldview atau rumusan kehidupan. Tidak bisa, konsep ketuhanan dirumuskan oleh Pancasila. Dan sudah pasti, akan bertabrakan dengan konsep agama, terutama Islam,” papar Adian.
Harusnya Pancasila, lanjut Adian, tidak masuk ke wilayah worlview itu. Sebab, worldview itu wilayahnya agama. Karena itu, jangan jadikan Pancasila sebagai landasan moral atau perilaku. Dikhwatirkan menjadi bias dan menimbulkan kebingungan.  Orang yang berilaku menurut Pancasila akan bertabrakan dengan Islam. Mengingat Islam sendiri sudah punya konsep perilaku.
Pancasila Toghut?
Kelompok Islam tertentu memahami Pancasila sebagai toghut. Bagaimana dalam pandangan Adian? "Saya bisa memahaminya, karena itu merupakan pemahaman yang panjang terhadap penyalahgunaan  Pancasila itu sendiri. Saya sendiri menggunakan perspekstif Kasman Dimedjo, yang mengatakan Pancasila tidak bertentangan dengan Islam. Pancasila memberikan kesempatan kepada umat Uslam untuk berjuang menjalankan agamanya.”
Dengan Pancasila, lanjut Adian, umat Islam tidak dilarang untruk membaca Al Qur’an, menjalankan shalat, zakat dan sebagainya, bahkan sampai menerapkan syariat Islam, seperti di Aceh. Di Aceh, orang yang menjalan syariat Islam apakah akan dianggap melanggar pancasila? Tentu tidak.
Menurut Adian, Piagam Jakarta adalah dokumen resmi, yang ditegaskan dalam  dekrit Presiden 5 Juli 1959 oleh Bung Karno. Adapun dekrit itu merupakan satu  kesatuan dengan Konstitusi UUD 1945. Setelah dekrit tersebut berlaku, banyak produk per-Undang-undangan di Indonesia yang konsdirennya  mengacu pada Piagam Jakarta.  Misalnya,  berdirinya IAIN (Penpres no 11 tahun 1960).
“Piagam Jakarta tidak pernah dipersoalkan. Tapi begitu masuk Orde Baru, banyak pihak yang alergi, mereka takut jika umat Islam menjalankan syariah. Padahal, jika umat Islam menjalankan syariah, sesungguhnya dijamin oleh konstitusi. Walaupun tidak secara eksplisit tujuh kata dicantumkan lagi, tapi yang jelas dekrit itu mengakomodir Piagam Jakarta,” tukas Adian.
Dengan demikian, secara operasional, Pancasila akan dijadikan acuan membentuk perundang-undangan, baik di bidang ekonomi, politik, maupun keagamaan. Sebagai contoh,  melarang Ahmadiyah, tentu tidak melanggar ataupun bertentangan dengan Pancasila. Hal inilah yang terus diperjuangkan kelompok liberal untuk mencabut pasal penodaan agama (PNPS tahun 1965) karena dianggap bertentangan dengan Pancasila.
Dikarenakan Pancasila yang  sekarang mengacu pada rumusan Dekrit Presiden 5 juli 1959, maka berarti tidak boleh ada peratuaran perudangan-undangan di Indonesia yang bertentangan dengan syariah. “Kita bukan kembali pada rumusan Pancasila 18 Agustus ataupun 1 Juni, tapi 5 Juli 1959. Jadi tanggal 1 Juni itu bukan kelahiran Pancasila, tapi hari pidato Bung Karno di BPUPK. Kelahiran Pancasila adalah pada tanggal 18 Agustus 1945, dan diterima resmi secara nasional oleh komponen bangsa.
Tokoh Reformasi Acak-acak Pancasila
Sementara itu dikatakan Pengamat politik dan budayawan Betawi Ridwan Saidi menegaskan, ketika ditanya perlukan umat Islam mendirikan negara Islam? Kata Babe- begitu ia akrab disapa, kita harus kembali pada UUD 45 dulu, agar negara ini kembali normal keadaannya.
“Jangan ada ide-ide yang lain dulu.  Karena dengan perubahan yang dilakukakan oleh reformasi ini menjadi tidak karuan, Jadi kita nggak perlu bicara negara Islam itu dulu, Kita bicara UUD 45 yang asli,” kata Ridwan.
Menurut Ridwan, Yang menjadi masalah UUD 45 ini diacak-acak oleh reformasi, Pancasila itu sendiri disingkirkan oleh tokoh reformasi. Mereka itu tiada lain SBY, Amin Rais, Abdurrahman Wahid. Mereka inilah yang menyingkirkan Pancasila. Tapi kemudian ingin mengaktfkan lagi.
“Sudahlah jangan buang-buang waktu. Jangan kita hina-hina Pancasila. Sebab, Pancasila itu juga  karya ortu kita dulu. Jangan Islam diadu-adu. Islam itu sudah luhur. Yang jadi soal, Pancasila itu disepak. Mereka buat per-undang-undangan yang liberal,”tandasnya
Dikatakan Ridwan Saidi, Dekrit Presiden 5 Juli 1959 bersandarkan pada Piagam Jakarta, yang kemudian melahirkan UUD 45. Tapi lagi-lagi, UUD 45 diacak-acak oleh komplotan Amin Rais dan Abdurrahman Wahid, yakni UUD 45 yang diamandemen. Akibatnya, hancurlah negara ini. Sekarang, ada upaya untuk mengaktifkan lagi Pancasila. Yang jelas, umat Islam punya garis yg tegas, setia pada negara ini, karena sejak awal umat Islam ikut mendirikan negara ini. Desastian
- See more at: http://www.voa-islam.com/read/indonesiana/2011/06/07/15157/adian-husaini-pancasila-bukan-pandangan-hidup-umat-islam/#sthash.sugEJBzT.dpuf
17.633 views

Adian Husaini: Pancasila Bukan Pandangan Hidup Umat Islam

Jakarta (voa-islam) -  Dalam pandangan Adian Husaini, isu negara Islam itu sebenarnya tidak penting. Yang terpenting  adalah apakah umat Islam  sekarang ini bisa  menjadikan negeri muslim ini sebagai negeri yang baldatun thoyyibatun warrabbun ghafur, negeri yang dibawah naungan ridho Ilahi.
“Saya tidak bicara label negara Islam. Yang jelas, dengan Pancasila sebagai dasar negara, telah memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada umat Islam untuk menjalankan agamanya dan membangun negeri ini, negeri muslim yang besar,” kata Adian saat dijumpai disela-sela acara diskusi di Jakarta.
Ketika ditanya, apakah Pancasila sudah final? “Saya tidak suka dengan kata-kata final atau tidak final. Sebab, saya khawatir Pancasila akan disamakan dengan wahyu. Yang diperlukan sekarang ini bukanlah penguatan Pancasila, tapi mendudukkan Pancasila secara tepat dan proporsional serta menfasirkannya secara benar pula, seperti yang dimaui oleh para perumus Pancasila itu sendiri. Namun ironisnya, Pancasila telah diselewengkan sejak masa Orde Lama, Orde Baru, hingga Reformasi,” jelas Adian.
Yang harus dirumuskan dari Pancasila, kata Adian, adalah mendudukan Pancasila sebagai dasar negara, tapi jangan menarik  Pancasila ke hal-hal yang berlebihan, seperti  Pancasila sebagai pandangan hidup. Bukankah dalam setiap agama, punya  konsepnya masing-masing tentang pandangan hidup. Karena itu, jangan mencari konsep tuhan, alam dan moral menurut Pancasila. Dalam Islam sendiri, punya konsep  Ketuhanan, begitu juga dengan Kristen.
“Ya sudah biarlah Pancasila diletakkan sebagai dasar negara, dimana komponen bangsa memahami Pancasila menurut pemahamannya masing-masing. Lalu pada level kenegaraan, mereka berjuang secara konstitusional,” jelas Adian.
Kenapa Anda mengatakan Pancasila  tidak bertentangan dengan Islam? Dijawab Adian, karena memang, Pancasila dari awal disepakati oleh para tokoh nasionalis maupun tokoh Islam. Tokoh Islam Muhammad Natsir tahun 1954 mengatakan,  Pancasila tidak bertentangan dengan Islam.
“Yang diprotes kemudian oleh tokoh Islam pada masa Orla dan Orba adalah penafsiran yang menyuimpang dari Pancasila, misalnya Pancasila ditafsirkan secara Nasakom, dimana Pancasila justru mengakomodir komunisme. Hal itulah yang tidak bisa diterima oleh tokoh Islam. Jadi, bukan Pancasilanya, yang tidak bisa diterima, tapi ketika Pancasilan dijadikan sebagai worldview atau rumusan kehidupan. Tidak bisa, konsep ketuhanan dirumuskan oleh Pancasila. Dan sudah pasti, akan bertabrakan dengan konsep agama, terutama Islam,” papar Adian.
Harusnya Pancasila, lanjut Adian, tidak masuk ke wilayah worlview itu. Sebab, worldview itu wilayahnya agama. Karena itu, jangan jadikan Pancasila sebagai landasan moral atau perilaku. Dikhwatirkan menjadi bias dan menimbulkan kebingungan.  Orang yang berilaku menurut Pancasila akan bertabrakan dengan Islam. Mengingat Islam sendiri sudah punya konsep perilaku.
Pancasila Toghut?
Kelompok Islam tertentu memahami Pancasila sebagai toghut. Bagaimana dalam pandangan Adian? "Saya bisa memahaminya, karena itu merupakan pemahaman yang panjang terhadap penyalahgunaan  Pancasila itu sendiri. Saya sendiri menggunakan perspekstif Kasman Dimedjo, yang mengatakan Pancasila tidak bertentangan dengan Islam. Pancasila memberikan kesempatan kepada umat Uslam untuk berjuang menjalankan agamanya.”
Dengan Pancasila, lanjut Adian, umat Islam tidak dilarang untruk membaca Al Qur’an, menjalankan shalat, zakat dan sebagainya, bahkan sampai menerapkan syariat Islam, seperti di Aceh. Di Aceh, orang yang menjalan syariat Islam apakah akan dianggap melanggar pancasila? Tentu tidak.
Menurut Adian, Piagam Jakarta adalah dokumen resmi, yang ditegaskan dalam  dekrit Presiden 5 Juli 1959 oleh Bung Karno. Adapun dekrit itu merupakan satu  kesatuan dengan Konstitusi UUD 1945. Setelah dekrit tersebut berlaku, banyak produk per-Undang-undangan di Indonesia yang konsdirennya  mengacu pada Piagam Jakarta.  Misalnya,  berdirinya IAIN (Penpres no 11 tahun 1960).
“Piagam Jakarta tidak pernah dipersoalkan. Tapi begitu masuk Orde Baru, banyak pihak yang alergi, mereka takut jika umat Islam menjalankan syariah. Padahal, jika umat Islam menjalankan syariah, sesungguhnya dijamin oleh konstitusi. Walaupun tidak secara eksplisit tujuh kata dicantumkan lagi, tapi yang jelas dekrit itu mengakomodir Piagam Jakarta,” tukas Adian.
Dengan demikian, secara operasional, Pancasila akan dijadikan acuan membentuk perundang-undangan, baik di bidang ekonomi, politik, maupun keagamaan. Sebagai contoh,  melarang Ahmadiyah, tentu tidak melanggar ataupun bertentangan dengan Pancasila. Hal inilah yang terus diperjuangkan kelompok liberal untuk mencabut pasal penodaan agama (PNPS tahun 1965) karena dianggap bertentangan dengan Pancasila.
Dikarenakan Pancasila yang  sekarang mengacu pada rumusan Dekrit Presiden 5 juli 1959, maka berarti tidak boleh ada peratuaran perudangan-undangan di Indonesia yang bertentangan dengan syariah. “Kita bukan kembali pada rumusan Pancasila 18 Agustus ataupun 1 Juni, tapi 5 Juli 1959. Jadi tanggal 1 Juni itu bukan kelahiran Pancasila, tapi hari pidato Bung Karno di BPUPK. Kelahiran Pancasila adalah pada tanggal 18 Agustus 1945, dan diterima resmi secara nasional oleh komponen bangsa.
Tokoh Reformasi Acak-acak Pancasila
Sementara itu dikatakan Pengamat politik dan budayawan Betawi Ridwan Saidi menegaskan, ketika ditanya perlukan umat Islam mendirikan negara Islam? Kata Babe- begitu ia akrab disapa, kita harus kembali pada UUD 45 dulu, agar negara ini kembali normal keadaannya.
“Jangan ada ide-ide yang lain dulu.  Karena dengan perubahan yang dilakukakan oleh reformasi ini menjadi tidak karuan, Jadi kita nggak perlu bicara negara Islam itu dulu, Kita bicara UUD 45 yang asli,” kata Ridwan.
Menurut Ridwan, Yang menjadi masalah UUD 45 ini diacak-acak oleh reformasi, Pancasila itu sendiri disingkirkan oleh tokoh reformasi. Mereka itu tiada lain SBY, Amin Rais, Abdurrahman Wahid. Mereka inilah yang menyingkirkan Pancasila. Tapi kemudian ingin mengaktfkan lagi.
“Sudahlah jangan buang-buang waktu. Jangan kita hina-hina Pancasila. Sebab, Pancasila itu juga  karya ortu kita dulu. Jangan Islam diadu-adu. Islam itu sudah luhur. Yang jadi soal, Pancasila itu disepak. Mereka buat per-undang-undangan yang liberal,”tandasnya
Dikatakan Ridwan Saidi, Dekrit Presiden 5 Juli 1959 bersandarkan pada Piagam Jakarta, yang kemudian melahirkan UUD 45. Tapi lagi-lagi, UUD 45 diacak-acak oleh komplotan Amin Rais dan Abdurrahman Wahid, yakni UUD 45 yang diamandemen. Akibatnya, hancurlah negara ini. Sekarang, ada upaya untuk mengaktifkan lagi Pancasila. Yang jelas, umat Islam punya garis yg tegas, setia pada negara ini, karena sejak awal umat Islam ikut mendirikan negara ini. Desastian
- See more at: http://www.voa-islam.com/read/indonesiana/2011/06/07/15157/adian-husaini-pancasila-bukan-pandangan-hidup-umat-islam/#sthash.sugEJBzT.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar